Edisi Kedelapan - Maret | April | Mei 2003





Halaman Muka


Cari Kata:
Dari Situs :


Kantor Redaksi :
Gedung RDSB Lt.2
Jl. Soekarno-Hatta 73
Bandung - Indonesia

Account Bank :
Bank Central Asia
Sumbersari - Bandung
Ac. 157 11 888 78
an. R. Iwan Indra Irawan



Statistik Pengunjung

Administrator




Senin, Maret 25, 2002

Peperangan Rohani

Seringkali saya diminta mendoakan orang –orang Kristen karena segudang problem yang sedang dia hadapi. Kadang – kadang melalui telepon , ataupun bertemu secara langsung. Baik itu masalah rumah tangga , masalah keuangan , sakit penyakit , pekerjaan dan sebagainya ataupun masalah dalam pelayanan . Dari pernyataan – pernyataan yang keluar dari mulut mereka terasa sekali bahwa mereka putus asa , kecewa , marah , sakit hati , dsb nya. Ini tidak boleh terjadi. Sebab akhirnya mereka nanti bisa kecewa kepada Tuhan. Akibatnya setan bisa menghancurkan hidup mereka. Padahal kunci untuk kita bisa keluar dari masalah dan menikmati kemenanagan sederhana sekali , yaitu dengan mengenal dan mengetahui siapa sipembuat masalah. Tidak lain dia adalah setan dan iblis. Mereka adalah musuh kita yang sesungguhnya. Jadi musuh – musuh kita bukan manusia, sekalipun yang terlihat dengan mata jasmani kita merekalah yang melakukannya , tetapi sesungguhnya setanlah yang mendalanginya. Kita perlu mengetahui kebenaran ini , sebab kalau tidak , kita akan salah dalam cara memandang masalah dan kita akan menemukan jalan buntu. Akibatnya kita akan menyalahkan orang lain , diri sendiri atau menyalahkan Tuhan. Akhirnya setan dan iblis akan bersorak kegirangan. Dalam artikel ini saya akan mengulas bagaimana kita bisa keluar dari setiap masalah dan kita dipihak yang memenangkannya. Dengan Tuhan Yesus ada banyak cara untuk menangani masalah, sebab melalui Roh Kudusnya Dia memberikan pelbagai ragam hikmat. Diantaranya dengan melakukan peperangan rokhani didalam doa. Perang bukan berdasarkan kekuatan kita , juga bukan dengan senjata duniawi , tapi dengan senjata yang berasal dari Allah yang berupa segala fasilitas sorgawi yang telah disediakanNya untuk kita.

DASAR – DASAR :
1. Dunia roh dari setan itu ada , dan bisa mempengaruhi kita serta segala sesuatu yang ada disekeliling kita. Dalam Efesus 6:10-12 : “ Akhirnya, hendaklah kamu kuat didalam Tuhan , didalam kekuatan kuasaNya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah , supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis , karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging , tetapi melawan pemerintah-pemerintah , melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat diudara “. Paulus menyatakan kita hendaknya kuat didalam Tuhan yaitu dalam Kuasa Roh Kudusnya. Juga kita diperintahkan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah. Untuk apa ? Untuk supaya kita dapat bertahan sehingga bisa berdiri dengan tegak sebagai lasykar Kristus dan berani memerangi musuh –musuh kita , yaitu , melawan pemerintah – pemerintah , penguasa – penguasa , penghulu- penghulu dunia yang gelap ini , dan roh-roh jahat diudara. Yang dimaksud ialah iblis dan setan. Dengan berbagai cara dan tipu muslihatnya mereka berusaha menghancurkan manusia. Karena mereka ingin supaya manusia menyembah dia , jangan menyembah Allah yang benar. Mereka ingin supaya manusia menjadi hancur seperti dirinya , terbuang dari hadapan Allah , dan menjadi penghujat Allah. Apalagi iblis tau bahwa dulu manusia diciptakan oleh Allah serupa dengan gambarNya. Karena iblis yang berasal dari malaikat terang bernama Lucifer mau menyamakan dirinya dengan Allah , maka dia dibuang oleh Allah dari hadapanNya , ketingkat paling rendah dari alam roh , yaitu udara diatas kita. Oleh karena itulah Lucifer yang akhirnya kita kenal dengan sebutan iblis , menjadi sakit hati kepada Allah. Dia mempengaruhi malaikat terang yang lain , sampai akhirnya 1/3 dari jumlah malaikat terang itu terbujuk dan menjadi pengikut iblis , yang sekarang kita tau mereka menjadi setan dan roh jahat .
Mereka bisa mempengaruhi :
- hubungan kita dengan Kristus
- hubungan kita dengan sesama
- penyembahan kita dan kebaktian atau ibadah kita ,
- sikap kita
- suatu bangsa dsb nya.
Dan saat ini kita sedang diserang. Itu sebabnya kita jangan lengah dan santai. Sebelum serangan mereka mengenai kita , maka kita harus menyerang mereka terlebih dahulu.

2 . Dalam Lukas: 10 : 19 , Tuhan Yesus berkata : “ Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu “. Ular dan kalajengking yang dimaksud oleh Tuhan Yesus adalah iblis setan dan roh jahat. Untuk apa Tuhan memberikan kuasa itu kepada kita ? Supaya kita mempergunakan kuasa itu untuk memerangi dan menyerang setan dan iblis. Bukan memohon – mohon belas kasihan Allah sambil mengasihani diri sendiri , tapi bangkit dan perang. Jangan takut , sebab sesungguhnya selain kita diberi kuasa untuk menghancurkan mereka , kita juga diberi kuasa untuk bisa bertahan terhadap kekuatan serangannya. Dan kematian serta kebangkitan Tuhan Yesus sudah mengalahkan mereka. Jadi sebetulnya mereka sudak tidak punya kekuatan lagi , hanya sekedar menakut- nakuti kita. Jadi bagaimanapun cara mereka menyerang kita , pasti kemenangan dipihak kita. Asal kita tau posisi kita sebagai anak Allah yang punya kuasa dan diberi kekuatan untuk menahan serangan mereka. Dialam roh , mereka ibarat singa yang mengaum tapi sudah tidak bergigi dan sudah tidak bertaring . Hanya suaranya saja yang kedengarannya mengerikan , tapi sesungguhnya sudah tidak punya senjata. Ingat kata kitab Kolose 2:15 “Ia telah melucuti pemerintah –pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenanganNya atas mereka.”

3 . Kenyataan bahwa kita berada dalam medan peperangan , kita tidak boleh bersikap pasrah dan menyerah. Kita harus aktif menyerang musuh kita, dengan mempergunakan senjata yang bukan berasal dari dunia melainkan dengan mempergunakan senjata yang berasal dari Allah. 2 Kor 10:3-5 : “ Memang kami masih hidup didunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi , karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi , melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah , yang sanggup untuk meruntuhkan benteng – benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus “.

TINDAKAN PRAKTIS UNTUK KITA BISA MEMENANGKAN PEPERANGAN ROKHANI INI ADALAH :

1. Lahir baru. Yoh 3: 5:”Jawab Yesus :” Aku berkata kepadamu , sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk kedalam Kerajaan Allah”. Jadi jelas hanya melalui kelahiran barulah
kita bisa masuk dalam Kerajaan Allah dan mempunyai hak untuk memperoleh segala sesuatu yang ada didalam Kerajaan Allah. Kelahiran baru adalah kesadaran kita bahwa Yesus sudah masuk dihati kita karena sudah kita undang masuk dihati , dan menjadi Tuhan , Raja dan Juruselamat kita kemudian dibaptis air , sebagai tanda kita telah mati dengan kematian Yesus dan dikubur bersama Yesus lalu bangkit dari kematian bersama dengan Yesus , dan menjadi manusia baru didalam Yesus. Sehingga roh yang ada didalam kita adalah roh yang lebih besar dari roh-roh yang ada didalam dunia bahkan kita telah mengalahkan nabi-nabi palsu yaitu setan , iblis dan roh jahat ( 1 Yoh 4:4 ) . Karena kita sekarang sudah berstatus sebagai anak Allah. Anak yang bukan diperanakkan dari darah atau daging melainkan dari Allah ( Yoh1:13-13).

2. DIBAPTIS ROH KUDUS DAN DIURAPI ROH KUDUS .
Mrk : 6 : 7 : “ Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua – dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat.” Dengan kita dibaptis Roh Kudus , berarti kita ditenggelamkan dalam kuasa Roh Kudus sehingga kita pindah daerah tempat tinggal . Dari tinggal dialam materi sekarang secara roh kita pindah kedaerah supranatural , satu tingkat lebih tinggi dari daerah tempat tinggal setan dan iblis. Sehingga dari tempat itulah kita bisa menginjak – injak setan dan iblis dengan iman dan kuasa Roh Kudus . Sesudah kita menerima baptisan Roh Kudus , kita masih perlu menerima pengurapan demi pengurapanNya. Supaya kuasa didalam kita bertambah – tambah. Pengurapan yang kita terima terus menerus membuat kita menjadi makin sempurna sampai seperti Yesus.

3 . DOA PEPERANGAN DALAM ROH .

A. DENGAN KARUNIA ROH KUDUS .
Pada waktu kita dibaptis Roh Kudus kita bisa menerima Karunia – karunia Roh Kudus, untuk memperlengkapi kita sebagai anak-anak Allah. Biasanya dari 9 karunia Roh Kudus yang biasa kita butuhkan untuk berperang dalam roh adalah :
- karunia bernubuat
- karunia membedakan roh
- karunia marifat
- karunia iman .
Melalui karunia –karunia ini kita bisa menyerang musuh –musuh kita dengan tepat mengenai sasaran . Karena kita bisa lihat mereka ada dimana, bentuknya seperti apa, namanya siapa , bahkan cara bekerjanya bisa kita ketahui. Dengan demikian kita bisa memenangkan peperangan ini dan keluar sebagai pemenang dalam waktu yang singkat.
Kisah yang dialami Petrus dalam Mat. 16: 23 : Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus : “ Enyahlah iblis , engkau suatu batu sandungan bagiKu , sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah , melainkan apa yang dipikirkan manusia “. Ini merupakan contoh yang indah sekali. Ternyata segala sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana atau pikirannya Allah itu adalah ide dari si iblis. Walaupun kedengarannya bagus. Pada waktu itu Yesus berkata kepada murid-muridNya bahwa Dia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua , imam-imam kepala , dan ahli-ahli Taurat , lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. Karena Petrus sangat mengasihi Yesus , itu sebabnya dia tidak rela kalau gurunya mengalami penderitaan seperti itu. Dengan segera dia menarik tangan Yesus dan berkata : “Tuhan , kiranya Allah menjauhkan hal itu ! Hal itu sekali – kali takkan menimpa Engkau “. Petrus tidak sadar bahwa apa yang dia ucapkan itu berasal dari idenya iblis . Itu sebabnya tidak sesuai dengan rencana Allah. Walaupun seakan – akan apa yang diucapkannya adalah hal yang wajar . Satu ungkapan yang menandakan dia sangat mengasihi gurunya. Tapi dengan karunia membedakan roh , Yesus melihat dibalik perkataan Petrus ada iblis yang menyusup dalam pikiran Petrus dan memberikan ide-ide perkataan tsb. Itu sebabnya dengan segera Yesus mengusir iblis dari pikiran Petrus. Supaya Petrus mengetahui kehendak Allah yang sempurna.
Contoh yang lain , dalam Kis. 16 : 18 : Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya.Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu , ia berpaling dan berkata kepada roh itu : “ Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini “. Seketika itu juga keluarlah roh itu.
Ketika paulus dan Silas berada di Filipi, mereka diikuti oleh seorang perempuan yang mempunyai roh tenung. Dia sering dimanfaatkan oleh tuan –tuan disitu untuk memperoleh penghasilan yang besar. Dengan suara yang keras dia meneriakkan : “ Orang – orang ini adalah hamba Allah yang Maha Tinggi . Mereka memberitakan kepada kamu jalan kepada keselamatan “ . Meskipun yang diucapkan oleh perempuan itu kedengarannya benar , tapi Paulus tidak terkecoh dengan ucapan-ucapannya itu. Mengapa ? Sebab Paulus mempunyai karunia membedakan roh yang tajam. Dia tau bahwa perempuan itu mengucapkan kata- kata yang tidak tulus dari dirinya sendiri . Tapi kata-kata itu berasal dari roh tenungnya. Itu sebabnya dengan kuasa roh Kudus dan dalam nama Tuhan Yesus Paulus segera menghardik roh itu, dan terbebaslah permpuan itu dari cengkeraman roh tenungnya. Walaupun karena peristiwa ini , akhirnya Paulus dan Silas harus mendekam dipenjara karena kemarahan dari tuan –tuan yang merasa dirugikan karena tidak dapat memanfaatkan perempuan itu dengan tenungan-tenunganya lagi. Tapi Tuhan tetap membela Paulus dan Silas sehingga dengan cara yang ajaib sekali Paulus dan Silas bisa terlepas dari penjara. Bahkan karena peristiwa itulah mereka akhirnya punya kesempatan memberitakan Injil keselamatan kepada kepala penjara dan seluruh keluarganya sampai bertobat dan memberi diri dibaptis.
Sesudah kita dibaptis Roh Kudus kita berhak untuk menerima pengurapan demi pengurapanNya sampai kita sempurna seperti Yesus. Dengan urapan itu kita juga bisa menghancurkan setan dan iblis yang menaruh kuk dipundak kita. Entah itu kuk sakit penyakit ataupun kuk masalah yang lain.
Yes 10 : 27a menyatakan :”Pada waktu itu beban yang ditimpakan kepada mereka atas bahumu akan terbuang , dan kuk yang diletakkan mereka atas tengkukmu akan lenyap “.
Pada suatu waktu kami melayani di P. Bangka , tepatnya disebuah gereja dikota Sungailiat. Kami melayani berempat , yaitu Pnt. Andereas Samudera, Pnt. Daud dan Pnt. Dorcas Daud , beserta Ev. Gideon Arifin. Rencana pelayanan kami selama 3 hari. Hari pertama kami baru saja sampai sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk berdoa. Tidak heran kalau KKR hari pertama dengan pengkhotbah Pnt. Andereas Samudera terasa berat sekali. Walaupun jemaat cukup banyak yang hadir kelihatannya tidak terlalu memperdulikan hadirat Allah. Esok harinya kami sungguh-sungguh berdoa sambil berpuasa dengan sehati. Dalam doa berlima bersama dengan Ibu Gembala disitu , tak lupa kami melakukan doa peperangan rokhani. Sesudah kami memuji dan menyembah dalam bahasa roh , kami mulai memerangi penguasa-penguasa daerah itu dan juga roh-roh jahat yang lain yang menghalangi pekerjaan Roh Kudus. Dalam doa itu saya mendapat penglihatan dari Roh Kudus , ujut dari penguasa P. Bangka . Dia berbentuk raksasa yang besar sekali , membawa gada ( pemukul ) dan gada itu tiap kali dipukulkan kekepala orang-orang di Bangka. Itu yang membuat orang-orang disana banyak yang bebal dan keras kepala terhadap Firman Allah dan Kuasa Roh Kudus. Akhirnya kami perangi roh itu dengan doa seperti ini : “ Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami bakar dengan api penguasa udara di P. Bangka dan kami bom anak buahnya . Penguasa udara yang berupa raksasa ini kami bakar terus dan kami minta malaikat Tuhan untuk menyapu bersih roh-roh itu dalam nama Tuhan Yesus “. Apa yang terjadi ? Dengan cepat raksasa itu terbakar dengan api dan para malaikat Tuhan langsung menyapu bersih udara diatas P . Bangka . Sesudah itu Roh Kudus memperlihatkan kepada saya apa yang akan terjadi nanti malam di KKR . Langit terbuka , dan sebuah air terjun yang tercurah dengan dahsyat sekali dan seperti burung merpati ada ditempat yang akan kami pakai untuk kebaktian nanti . Roh Kudus menerangkan arti penglihatan tsb , yaitu bahwa Tuhan akan mencurahkan Kuasa Roh KudusNya dengan dahsyat sekali malam nanti “. Pada saat itu juga Pnt. Andereas Samudera menumpangkan tangan atas saya dan berdoa : “ Tuhan aku minta supaya ibu Dorcas Engkau beri penglihatan yang sama seperti yang Engkau perlihatkan kepada saya “. Ternyata yang saya lihat dialam roh sama dengan yang dilihat oleh Pnt. Andereas Samudera . Puji Tuhan ! Pada saat itu juga , ketika kami terus menyembah Tuhan , kami mendoakan Ibu Gembala gereja Tuhan setempat , supaya dipenuhi dengan urapan Roh Kudus , tiba-tiba , dalam keadaan dikuasai oleh Roh , ibu Gembala ini berkhotbah dalam bahasa Roh . Lama sekali , sampai acara doa kami sudah berakhir tetap saja ibu itu berkhotbah. Ternyata sebelum doa bersama kami , ibu gembala ini berkata kepada Tuhan , “ Tuhan Urapi saya supaya bisa berkhotbah “. Tidak heran begitu dia kena urapan Roh Kudus langsung berkhotbah walaupun dalam bahasa Roh. Setelah selesai berkhotbah dalam bahasa Roh , ibu itu tetap mabuk dalam Roh Kudus , sampai tidak dapat menyiapkan makanan buat kami berbuka puasa . Akhirnya kami tinggalkan ibu itu untuk sekedar keluar mencari udara segar. Sepulang kami dari jalan-jalan , ibu Gembala masih tetap dikuasai oleh Roh. Luar biasa ! Malam harinya saya mendapat giliran untuk berkhotbah di Gereja itu , dan ternyata Roh Kudus bekerja dengan indah sekali. Seusai saya berkhotbah , saya tertantang untuk memanggil orang yang saat itu sedang sakit sakitnya. “ Saya akan buktikan kalau Kuasa Roh Kudus jauh lebih hebat dari kuasa manapun dan kuasa siapapun “, tantang saya. Karena orang-orang Kristen di Bangka memang masih banyak yang kompromi denga kuasa – kuasa kegelapan. Walaupun mereka setiap hari Minggu pergi ke Gereja , tapi dirumahnya masih banyak yang pasang tulisan hu , datang ke taipak , terlibat perjudian dsbnya. Tiba-tiba majulah seorang bapak berbaju batik kedepan dengan dipapah oleh 2 orang menuju kepanggung. Ternyata bapak itu sakit tulang punggung dan tulang ekor yang cukup parah dan saat itu dia sedang kesakitan. Diatas panggung dengan mantap sekali saya menepuk - nepuk bagian punggung yang sakit dari bapak itu , sebanyak 3 kali sambil saya katakan : “ Dalam nama Tuhan Yesus jadilah punggung ini sembuh . Karena Tuhan Yesus sudah menanggung semua sakit penyakit bapak ini 2000 th yang lalu . Dan oleh bilur-bilurnya engkau telah sembuh “.
Seketika itu juga bapak ini mengalami kesembuhan , bahkan ketika saya minta untuk melakukan apa yang biasanya tidak dapat dilakukan , diantaranya membungkuk , memutarkan badan kekanan dan kekiri menarik badan kebelakang dan memukul – mukul punggung , ternyata bapak ini bisa melakukan semuanya dan dia tidak merasa sakit sakit sama sekali . Dengan segera bapak itu bersaksi karena mujizat yang dilakukan oleh Tuhan Yesus malam itu. Serta merta jemaat bertepuk tangan dengan gegap gempita memuliakan Tuhan. Kemudian Roh Kudus mendorong saya untuk menyampaikan pesan Tuhan kepada seorang nona , yang inti dari pernyataan itu adalah bahwa Tuhan tau nona itu sedang kecewa karena dia sudah lama berdoa supaya orang tuanya bertobat , tapi belum menjadi kenyataan . Tapi Tuhan menyatakan bahwa malam ini juga Tuhan akan membuat orang tuanya bertobat. Seketika itu juga nona tsb. jatuh terkena urapan , dan sambil menangis dia mengucap syukur kepada Tuhan . Selanjutnya Roh Kudus masih memberi pernyataan nubuatanNya kepada beberapa jemaat yang hadir. Dan ketika saya lakukan doa kesembuhan banyak dari mereka menerima kesembuhan dari berbagai penyakit. Sampai akhirnya nona yang mendapat pernyataan tadi maju kedepan untuk bersaksi. Masih dengan deraian airmata , dia katakan : “ Tuhan Yesus sungguh luar biasa . Dia sangat mengasihi saya , dan sungguh-sungguh tau pergumulan saya . Saya memang sedang kecewa karena seakan akan doa saya supaya orang tua saya bertobat tidak didengar oleh Tuhan. Sampai saya malas datang kegereja. Tapi ternyata Tuhan mengetahuinya. Puji Tuhan ! Dan sekarang hati saya telah sembuh “. Selesai nona ini bersaksi , tiba-tiba dia dijamah oleh urapan Roh Kudus , dan rebah diatas panggung . Tubuhnya berguncang keras, sambil berbahasa Roh . Bersamaan dengan saat itulah , dari pintu masuk sebelah kiri gedung gerej , masuk seorang ibu setengah baya langsung naik kepanggung dengan tergopoh – gopoh . Sampai diatas panggung , sambil mencoba membangunkan nona itu, Ibu itu berkata : “ Hai …..bangun….bangun ! Ayo kita pulang ! Sudah malam ! Cepat !”. Sementara nona itu tetap rebah dan berguncang terus , saya bilang kepada ibu itu :” Bu, dia tidak akan bisa dibangunkan karena lagi kena jamahan Kuasa Allah . Jadi percuma ibu paksa-paksa dia supaya bangun , pasti tidak akan bangun “ . Rupanya ibu itu adalah mama dari nona tsb. Tiba-tiba Pak Andereas mempunyai ide. “ Bagaimana kalau mamanya langsung kita tumpangi tangan saja supaya kena Urapan Roh Kudus juga ? Jadi tidak paksa-paksa anaknya bangun “. “ EEEE……..betul juga ya ?! “ jawab saya . Tanpa berpikir panjang lagi , kami langsung menumpangkan tangan kekepala ibu itu , apa yang terjadi ? Ternyata ibu itu bergoncang dan roboh juga. Anak dan mama rebah dan tergoncang terus dalam urapan . Sungguh ini adalah pemandangan yang indah . Sehingga anaknya tidak dibangunkan terus oleh ibunya. Malam itu juga apa yang dinyatakan oleh Roh Kudus bahwa Tuhan akan membuat orang tuanya bertobat , telah digenapi . Halleluya !. Sesudah itu saya memanggil anak-anak muda yang mau diurapi supaya dipakai oleh Tuhan , ternyata banyak anak muda yang maju kedepan. Dan Kuasa Roh Kuduspun bekerja memenuhi mereka indah sekali. Ada yang mengalami pelepasan dari keterikatan roh –roh yang tidak berkenan dalam Tuhan, ada juga yang menari dalam Roh , tertawa dalam Roh , rebah dalam Roh , melompat bersukacita dsbnya. Sampai larut malam Roh Kudus terus bekerja. Tidak dapat dibendung lagi . Banyak juga yang mendapat Bahasa Roh . Akhirnya dalam keadaan mabuk Roh banyak diantara mereka yang harus dipapah untuk pulang kerumah. Paling akhir adalah 2 orang nona yang mendapat Holy laughter terus menerus sehingga harus menginap di pastori gereja. Semalam malaman 2 orang nona ini tertawa dalam roh terus sampai harus kami doakan supaya urapan sukacita ini tersimpan dalam hatinya . Sebab hari sudah menjelang pagi . Hari ketiga dari KKR ini Kuasa Roh Kudus bekerja semakin hebat. Dihari terakhir KKR INI, Pnt. Andereas yang berkhotbah . Ketika diadakan altar call , jemaat yang maju mengalami kepenuhan Roh Kudus lebih dahsyat lagi. Dan yang mabuk dalam Roh juga lebih banyak . Mereka juga menerima bahasa Roh . Pada saat itulah , ada seorang anak muda yang dalam keadaan dikuasai Roh , maju kedepan dan berkhotbah juga dalam bahasa Roh . Selesai itu dia menemui seorang nona dan menyampaikan nubuat serta marifat kepada nona tsb, ternyata nubuatan dan marifatnya benar . Padahal mereka belum saling mengenal . Bersamaan dengan itu , bapak Gembala sidang gereja setempat dalam keadaan diurapi Roh Kudus , maju kedepan untuk bersaksi bahwa apa yang terjadi saat itu sesuai dengan penglihatan dari Roh Kudus ketika dia sedang berdoa puasa supaya dalam KKR ini terjadi Bangka blessing . Ternyata Tuhan mengabulkannya. Tapi sebelum bapak Gembala ini selesai menyaksikannya , tiba-tiba dia sudah tidak kuat lagi berdiri , dan akhirnya rebah dalam urapan diatas panggung sambil masih pegang mikrofon . Malam itu lebih banyak lagi jemaat yang akhirnya harus menginap di pastori karena kepenuhan Roh Kudus. Betul-betul Tuhan menyatakan kemuliaanNya seperti yang diperlihatkan kepada kami melalui vision yang kami terima ketika doa siang untuk persiapan KKR itu. Dampak dari lawatan Allah itu adalah gerakan doa yang terjadi di Gereja itu . Doa yang disertai dengan karunia – karunia Roh Kudus . PRAISE THE LORD ! Ternyata doa peperangan rokhani yang kami lakukan menghasilkan pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa. Karena pada saat kami bersihkan udara dan penguasa P . Bangka sampai semua bersih maka pencurahan Roh Kudus tidak terblokir lagi .

B. MALAIKAT.
Ibrani 1 : 13-14 :” Dan kepada siapakah diantara malaikat itu pernah Ia berkata : Duduklah disebelah kananKu , sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu? Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani ,yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan ?”
Malaikat diciptakan oleh Allah untuk melayani kita orang-orang percaya, orang-orang yang berhak menerima keselamatan. Itu sebabnya Dia tidak mempersilahkan malaikat untuk duduk disebelah kanan Nya sampai musuh –musuhnya menjadi tumpuan kakinya . Tempat itu hanya disediakan untuk Yesus dan orang-orang percaya kelak. Sehingga kita sekarang bisa memerintah malaikat untuk kita suruh-suruh. Juga untuk kita ajak berperang menggempur musuh-musuh kita dengan cepat sekali. Balatentara sorga untuk berperang dipimpin oleh Mikhael dengan banyak anak buahnya. Malaikat –malaikat ini berbadan tinggi besar dan sangat kekar. Mereka perkasa-perkasa sekali. Mereka sangat senang sekali kalau mendapat tugas dari kita untuk mengerjakan sesuatu. Disamping itu masih banyak jenis malaikat Tuhan yang lain.
Para malaikat ini bisa kita lihat keberadaanya, bahkan bisa kita dengar suaranya . Kalau suara Roh Kudus terdengar dari dalam hati kita , tapi kalau suara malaikat kita dengar dari telinga jasmani . Sebab malaikat tidak tinggal didalam kita , karena mereka adalah pelayan kita. Yang boleh tinggal dihati kita hanya Allah Bapa , Tuhan Yesus dan Roh Kudusnya.
Adapun malaikat itu banyak jenisnya. Dalam kitab Yesaya 6 : 1 – 3 ada yang kita sebut serafim yaitu malaikat yang bernyala nyala atau berapi – api .
Sedangkan dalam kitab Kejadian 3 : 24 dan kitab Yehezkiel 1 : 4 - 28 ada malaikat yang mempunyai 4 wajah , 1 sisi menyerupai manusia , 3 sisi lainnya masing-masing menyerupai sapi , burung dan singa serta memiliki 2 pasang sayap. Ini yang kita sebut kerub . Dia adalah sejenis malaikat yang dahsyat dan tempatnya disekitar tahta Allah sebagai penjaga Allah ditempat Maha Kudusnya disorga . Ada juga malaikat yang bersayap sepasang yaitu malaikat yang menjadi penolong bagi anak-anak Allah. Kemudian malaikat disorga yang bertugas mengawasi anak – anak kecil . Peperangan rokhani dengan dibantu oleh para malaikat sangat efektif sekali . Mereka bekerja dan berperang sangat cekatan sekali .
Daniel 10 : 13 mengisahkan peperangan yang terjadi dialam roh , antara Mikhael ( pemimpin malaikat perang yang terkemuka ) dengan penguasa udara Persia . Karena penguasa udara daerah Persia berusaha menghalangi malaikat yang diutus untuk menyampaikan pesan – pesan Allah kepada Daniel yang sedang berdoa puasa , tentang apa yang akan terjadi pada hari – hari terakhir bagi bangsanya. Tapi akhirnya kemenangan ada dipihak malaikat Tuhan sehingga pesan dari Allah itu sampai kepada Daniel .

C. PUJI -PUJIAN .
Melalui puji-pujian , Kuasa Allah hadir sehingga menghancurkan benteng-benteng si iblis. Kis. 16 : 25 – 26 : “ Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas bedoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang – orang hukuman lain mendengarkan mereka . Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat , sehingga sendi-sendi penjara itu goyah , dan seketika itu juga terbukalah semua pintu , dan terlepaslah belenggu mereka semua.” Perhatikan ! Kapan terjadi goncangan hadirat Allah sehingga pintu-pintu penjara terbuka dan belenggu para tawanan terlepas ? Ternyata ketika Paulus dan Silas memuji Tuhan . Saya percaya saat itu mereka pasti memuji dengan penuh semangat dan menyanyikan pujian kemenangan dengan suara yang keras , terbukti tawanan yang lain turut mendengarkan pujian mereka. Karena semua tawanan jadi terlepas , akhirnya pemimpin penjara ketakutan sehingga hampir bunuh diri. Karena dengan terlepasnya semua tawanan dia pasti mendapat hukuman. Tapi saat pemimpin penjara itu mau menghunus pedangnya untuk bunuh diri , tiba-tiba Paulus berseru dengan suara nyaring , mencegah pemimpin penjara itu membunuh dirinya . Bahkan akhirnya pemimpin penjara dan keluarganya percaya kepada Tuhan Yesus , karena berita keselamatan yang disampaikan oleh Paulus .
Pada suatu hari ditahun 1986 tengah malam ketika kami sekeluarga sudah tidur , kami dikejutka oleh suara gaduh dari tetangga depan rumah kami . Serta merta saya dan suami saya datang kerumah tetangga kami tsb , ternyata bapak tetangga kami itu kesurupan setan karena mandi disumurnya
Jam 24 .00 . Seluruh dukun dikampung itu sudah dipanggil untuk menyembuhkan bapak itu , tapi hasilnya nihil. Apa yang kami lakukan , kami suami isteri bergandengan tangan lalu memuji Tuhan dengan suara keras. Saya masih ingat betul waktu itu kami menyanyikan pujian “ Allah Kuasa melakukan segala perkara “. Walaupun tadinya para dukun dan tetangga disitu mentertawakan , tapi ternyata bapak yang kerasukan setan tadi langsung sadar dan setannya keluar. Padahal tadinya ia begitu garang dan ganas . Halleluya ! Besok paginya satu keluarga ini menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan jurus elamat mereka . Dan dukun serta tetangga disitu dicelikkan oleh Kuasa Allah yang luar biasa melalui pujian yang kami naikkan.

D. PENYEMBAHAN .
Dengan penyembahan dalam Bahasa Roh , membangkitkan keberanian iman kita untuk berperang.
1 Kor.14 : 4 :” Siapa yang berkata-kata dengan bahasa Roh , ia membangun dirinya sendiri , tetapi siapa yang bernubuat ia membangun jemaat .

3. KETAATAN KEPADA FIRMAN dan KEPADA PIMPINAN ROH KUDUS .
Matius 4 : 1-11 mengisahkan , tentang Tuhan Yesus yang dicobai oleh iblis sesudah berpuasa 40 hari. Tapi dengan ketaatanNya kepada Firman , Dia sanggup mengusir si iblis. Dan malaikat datang melayani Dia.
Yosua 6 : 2-5 , kisah tentang orang Israel yang berhasil merobohkan tembok Yerikho karena mereka taat kepada pimpinan Roh Allah. Waktu itu , Allah sudah berjanji untuk menyerahkan Yerikho beserta rajanya , dan pahlawan – pahlawannya yang gagah perkasa. Tapi dengan syarat orang Israel harus mengelilingi kota itu dan para prajuritnya harus mengedari kota itu sekali saja sampai 6 hari lamanya. 7 orang imam harus membawa 7 sangkakala tanduk domba didepan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh mereka harus 7 kali mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala. Pada saat mereka mendengar bunyi panjang dari tanduk domba sangkakala maka seluruh bangsa harus bersorak dengan suara yang nyaring. Dan ketika mereka melakukannya , maka tembok kota itu runtuh dan mereka memanjatnya. Sehingga orang Israel berhasil menguasai Yerikho.

5. DOA PUASA DENGAN TEKUN .
Melalui doa puasa dengan tekun , maka peperangan rokhani bisa kita menangkan . Dalam Matius 17 : 14 – 21 , Tuhan Yesus menyatakan takkan ada yang mustahil bagi kita. Segala sesuatu bisa kita bereskan dan kita menangkan .Termasuk mengusir orang yang dikuasai oleh penyakit ayan . Tapi Tuhan Yesus mengingatkan murid- muridnya bahwa jenis roh ayan ini hanya bisa diusir dengan berdoa puasa. Anak muda yang dikisahkan dalam ayat – ayat ini ,akhirnya juga terlepas dari roh ayan dan mengalami kesembuhan .
Tapi kunci dari semua cara dalam pepeangan rokhani ini adalah , IMAN. Surat Petrus 5 : 8-9 mengatakan : “ Sadarlah dan berjaga-jagalah ! Lawanmu si iblis , berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum – ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya . Lawanlah dengan IMAN yang teguh , sebab kamu tau , bahwa semua saudaramu diseluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. Tanpa iman segala cara untuk peperangan rokhani yang kita lakukan tidak akan pernah barhasil. Walaupun kita sudah melakukan dengan karunia Roh Kudus , Urapan , malaikat , Firman Allah dsbnya. Itu sebabnya iman kita perlu teguh. Jangan takut , bimbang , ataupun ragu- ragu . Sebab hal hal tsb. bisa menjadi celah untuk serangan balik dari si iblis kepada kita . Percayalah bahwa iblis dan setan sebetulnya sudah dikalahkan oleh Tuhan Yesus dikayu salib dengan adu ketaatan. Jadi bagaimanapun kita sudah memenangkan peperangan ini .
Hakim – Hakim 6 : 12 , seperti halnya pernyataan Tuhan untuk Gideon melalui malaikatNya , adalah pernyataan yang membangkitkan keberanian dan IMAN dari pada Gideon untuk maju menyerang musuh bangsanya , yaitu orang Midian , yang sudah 7 tahun menguasai bangsa Israel. Walaupun kelihatannya Godeon tidak mempunyai kemampuan dan kekuatan . Juga belum punya pengalaman berperang , tapi karena Tuhan menyertainya , maka kemenangan berpihak atas bangsa Israel .

Begitu juga Tuhan menyatakan kepada kita sekarang : “ Tuhan menyertai engkau ya pahlawan yang gagah berani “. Berperanglah , jangan takut! Tuhan menyertai kita ! AMIN!







BeritaSorgawi.com
Hak Cipta 2001-2003